Kamis, 15 Maret 2012

Kenali Demam Tifoid Pada Anak - Anak


# Kenali Demam Tifoid pada Anak-anak #
 DEMAM tifoid adalah penyakit infeksi akut disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii, terdapat pada saluran pencernaan dengan gejala demam, gangguan saluran pencernaan, dan dapat disertai dengan gangguan kesadaran.
Salmonella typhii merupakan jenis bakteri golongan basil gram negatif pada saluran pencernaan. Basil diserap di usus halus dan melalui pembuluh limfe masuk ke peredaran darah sampai organ-organ, seperti hati dan limpa. Kemudian menyebar ke seluruh tubuh terutama ke dalam kelenjar limfoid usus halus, menimbulkan tukak pada mukosa. Tukak dapat mengakibatkan perdarahan dan perforasi usus.
Gejala Klinis
Gejala klinis demam tifoid pada anak biasanya lebih ringan jika dibandingkan penderita dewas. Masa inkubasi rata-rata 10-20 hari. Selama masa ini, ditemukan gejala prodromal, yaitu perasaan tidak enak badan, lesu, nyeri kepala, pusing, dan tidak bersemangat. Kemudian gejala klinis yaitu demam, gangguan pencernaan hingga penurunan kesadaran.

Demam.
 Demam merupakan gejala utama demam tifoid. Awalnya, demam hanya samar-samar saja, selanjutnya turun naik yakni pada pagi lebih rendah, sementara sore dan malam lebih tinggi. Demam dapat mencapai 39-40 derajat Celsius. Pada minggu ke-2 intensitas demam makin tinggi. Bila pasien membaik, maka pada minggu ke-3 suhu tubuh berangsur turun dan normal kembali pada akhir minggu ke-3. Tidak selalu ada bentuk demam yang khas pada demam tifoid. Tipe demam menjadi tidak beraturan, mungkin karena intervensi pengobatan atau komplikasi yang dapat terjadi lebih awal. Pada anak khususnya balita, demam tinggi dapat menimbulkan kejang.

Gangguan pada saluran pencernaan.
 Pada mulut terdapat napas berbau tidak sedap. Bibir kering dan pecah-pecah. Lidah ditutupi selaput putih kotor, ujung dan tepinya kemerahan. Penderita sering mengeluh nyeri perut, terutama nyeri uluhati disertai mual muntah serta diare ataupun konstipasi. Pada pemeriksaan ditemukan perut kembung, hati dan limpa membesar disertai nyeri pada perabaan.

Gangguan kesadaran.
Umumnya terdapat penurunan kesadaran ringan. Bila gejala klinis berat, tak jarang penderita sampai koma.

Di samping gejala-gejala tersebut, dapat pula ditemukan gejala lain seperti roseola, yaitu bintik-bintik kemerahan karena emboli basil dalam ditemukan dalam minggu pertama demam kapiler kulit pada punggung dan anggota gerak yang biasanya. Kadang-kadang ditemukan penurunan denyut jantung pada anak yang lebih besar dan mungkin pula ditemukan perdarahan hidung.

Komplikasi dapat terjadi pada usus halus maupun di luar usus halus. Pada usus halus dapat terjadi perdarahan usus, gejala abdomen akut yaitu nyeri perut yang hebat, dinding abdomen tegang dan nyeri pada tekanan. Komplikasi di luar usus terjadi karena lokalisasi peradangan akibat sepsis yaitu meningitis, kolesistitis, ensefalopati dan lain-lain. Dehidrasi dan asidosis dapat timbul akibat masukan makanan yang kurang dan perspirasi akibat suhu yang tinggi.

Diagnosis penyakit ini adalah melalui gejala-gejala klinis yang terjadi serta pemeriksaan fisik dari dokter. Pemeriksaan yang berguna untuk menyokong diagnosis meliputi pemeriksaan darah tepi, pemeriksaan sumsum tulang, biakan empedu dan pemeriksaan Widal.

Pengobatan
Pemberian antibiotika yang spesifik untuk kuman mutlak diberikan. Selain itu penderita harus istirahat selama demam hingga rawat inap. Makanan harus mengandung cukup cairan, kalori dan tinggi protein, bahan makanan tidak boleh mengandung banyak serat, tidak merangsang dan tidak menimbulkan banyak gas, susu 2 kali satu gelas sehari perlu diberikan. Bila anak sadar dan nafsu makan baik, maka dapat diberikan makanan lunak.
Umumnya demam tifoid pada anak tidak membahayakan asal penderita cepat berobat. Kematian pada anak yang dirawat hanya 6%. Prognosis menjadi kurang baik bila terdapat gejala klinis yang berat seperti panas tinggi (hiperpireksia), kesadaran sangat menurun serta komplikasi baik di saluran cerna maupun diluar saluran cerna.



* dr. Manik Trisna Arysanti, S.Ked.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar